bagaimana dengan perbandingan Canon 600D dan Nikon D5100?Keunggulan Nikon D5100
Baik, mari kita ulas. Dari segi kualitas sensor foto, Nikon D5100  memiliki sensor yang sama dengan D7000 (artinya bisa memproduksi foto setara dengan kamera D7000). Sensor ini lebih baru dan lebih baik daripada sensor yang di Canon 600D. Jadi bila memakai lensa yang sama, hasilnya lebih baik Nikon D5100.
Kualitas foto di ISO tinggi (biasanya dipakai di tempat yang gelap) juga lebih baik, terutama di ISO 1600 dan 3200. Lebih dari itu, kedua kamera sudah kesulitan mengatasi noise/bintik-bintik di foto.

Canon EOS 600D

Keunggulan Canon 600D
Kalau masalah kontrol dan handling, saya lebih suka Canon 600D, karena banyak tombol-tombol fungsi-fungsi kamera seperti WB, ISO, sudah ada dan tidak perlu masuk ke menu untuk mengganti setting seperti kamera Nikon D5100. Canon 600D juga saya rasa cukup ramah terhadap pemula dengan memunculkan keterangan singkat di setiap fungsi kamera (meski dalam bahasa Inggris).
Tidak seperti Nikon D5100 dan kamera Nikon pemula lainnya, Canon 600D juga memiliki motor auto fokus di badan kamera, sehingga lensa Canon EOS apapun yang dipasang bisa auto fokus. Sedangkan lensa yang bisa auto fokus di Nikon D5100 hanya yang ada kode AF-S, yaitu lensa-lensa baru Nikon yang memiliki motor fokus. Lensa semacam ini biasanya lebih mahal (tapi kualitasnya lebih baik daripada lensa lama).
Keunggulan lain dari Canon 600D adalah fitur wireless flash, yang memungkinkan kita untuk mengatur dan memicu lampu kilat yang dilepaskan dari kamera (off shoe camera flash) tanpa memerlukan aksesoris pemicu lain. Sedangkan Nikon D5100 belum ada fitur semacam ini, yang ada di model Nikon D90 atau yang lebih canggih.
Perbedaan lainnya
Canon 600D dan Nikon D5100 memiliki fitur untuk memproses foto menjadi efek-efek yang artistik. Efek-efek di Canon 600D antara lain soft focus, romantic, grainy black and white, miniature dan lain-lain. Nikon D5100 juga memiliki efek-efek proses foto seperti miniatur, color sketch, high key, low key.
Cuma, salah satu keunggulan Nikon D5100 adalah adanya efek HDR (High Dynamic Range) yaitu kamera akan secara otomatis mengambil dua gambar lalu menggabungkannya menjadi satu foto dengan detail gelap terang foto yang lebih menarik.
Kedua kamera sama-sama memiliki LCD putar yang beresolusi tinggi, hanya Canon 600D memiliki aspek rasio 3:2 sesuai dengan aspek rasio foto sehingga resolusinya sedikit lebih tinggi. (900rb vs 1 juta).
Untuk merekam video, Canon masih unggul di sisi kreatif karena kita bisa mengatur exposure secara manual. Dari segi kualitas video, memang sama-sama telah mampu merekam video dengan resolusi sangat tinggi yaitu 1080p / FULL HD.
Meski demikian, di video, Nikon D5100 punya keunggulan pada auto fokusnya saat mengaktifkan live view. Seperti di Nikon D3100 dan D7000, D5100 memiliki fitur auto fokus yang continuous atau berkesinambungan. Nikon menyebut fungsi auto fokus ini AF-F. Cara kerjanya yaitu bila kamera mendeteksi subjek sudah tidak berada dalam fokus, maka kamera akan mencoba mencari posisi subjek dan menguncinya kembali. Bagi saya ini tetak tidak begitu praktis karena di dalam video akan ada “gap” atau kesenjangan antara fokus dan tidak fokus. Sepertinya manual fokus tetap masih yang terbaik bila ingin merekam video dengan kamera DSLR.

Nikon D5100

Kesimpulan
Di bandrol dengan harga yang lebih murah dari Canon 600D, Nikon D5100 merupakan saingan yang cukup berarti untuk Canon 600D di kalangan fotografer tingkat pemula dan menengah. Kedua kamera memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. Canon 600D unggul di video, dan antar muka yang praktis digunakan, sedangkan Nikon D5100 unggul di kualitas foto, efek-efek kreatif dan harga. Yang mana yang terbaik tergantung prioritas masing-masing.
Canon 600D – plus dan minus
+ Antar muka yang ramah dan praktis digunakan
+ Resolusi dan aspek rasio layar LCD sedikit lebih baik
+ Wireless flash controller
+ Setting manual exposure tersedia saat merekam video
– Harga lebih mahal
– Kualitas foto bagus, tapi tidak sebagus D5100, terutama di kondisi cahaya yang gelap
– Tidak ada fitur auto fokus continuous saat merekam video
Nikon D5100 – plus dan minus
+ Kualitas foto yang sangat baik di kondisi terang atau gelap
+ Harga di pasar lebih murah dari Canon 600D
+ Efek-efek seperti HDR, color sketch, menarik dan merangsang kreatifitas.
– Tidak ada motor auto fokus  di badan kamerasi populer
– Tidak bisa mengatur exposure secara manual saat merekam video
– Antar muka kurang baik & perlu masuk ke menu untuk mengganti funsi populer
– Tidak bisa mengatur exposure secara manual saat merekam video .

(kamera mania)