Kamera professional biasanya memiliki kualitas badan  kamera yang lebih tahan  banting karena sebagian besar dari logam dan  harganya juga mahal. Hal ini menyebabkan kamrera dslr akan terasa lebih berat dan massif. Bandingkan dengan kamera dslr pemula yang memang dirancang untuk orang-orang yang berkantong cekak tapi ingin menggeluti dunia fotografi, bahannya kebanyakan  dari plastic terasa lebih ringan dan terasa kosong.

Kamera professional memiliki kecepatan tembak yang lebih cepat. Misalnya bisa menembak lima sampai delapan foto per detik dibandingkan kamera pemula yang biasanya hanya bisa menembak sekitar 3 foto per detik. Hal ini disebabkan perbedaan kualitas perangkat keras dan lunak yang ditanam di kamera DSLR.

Kamera professional biasanya juga memiliki dua layar LCD, satu di belakang dan satu diatas. Fungsi layar LCD yang berada diatas yaitu memudahkan kita untuk melihat setting utama kamera, terutama di bawah sinar matahari. Setting utama kamera DSLR adalah shutter speed, ISO, aperture, dan white balance. Kamera DSLR biasanya terlihat lebih rumit karena banyak tombol untuk mengubah setting sehingga memberikan banyak pilihan foto yang ingin dihasilkan. Berbeda dengan kamera pemula, settingnya lebih simple dan tidak terlalu ruwet namun pilihan foto yang dihasilkan juga tidak sebanyak kamera dslr professional.

Meski kamera canggih biasanya lebih baik dari kamera pemula. Kadangkala, kamera pemula merupakan pilihan yang lebih baik bila kamera canggih terlalu berat dan mengambil banyak tempat untuk perjalanan jauh. Atau Anda baru belajar fotografi sehingga kamera canggih mungkin dapat membingungkan Anda. Pengalaman Saya awal belajar menggunakan canon 600D lalu mencoba kamera yang lebih canggih seorang teman yaitu canon 7D, terasa kagok dengan rumitnya settingan kamera tersebut. Ada baiknya bagi yang awam menggunakan kemera yang pemula, karena harganya juga terjangkau.

Kadang kala, ada kamera canggih harganya lebih murah dari kamera pemula, misalnya Canon 40D termasuk kamera canggih, tapi lebih murah daripada Canon 550D karena Canon 40D adalah kamera keluaran beberapa tahun yang lalu.

(aditkus.wordpress.com)