KapanLagi.com – Melihat bentuknya, orang pasti mengira bahwa kamera ini adalah kamera semi otomatis atau setidaknya punya pengaturan yang rumit dan tak cocok buat pemula. Sebaliknya, Nikon CoolPix L100 ini justru adalah kamera yang ramah buat pemula sekaligus menawarkan optical zoom yang lebih dari kebanyakan kamera point and shoot.

Nikon CoolPix L100

Dari segi fisik, kamera ini memang menyerupai kamera DSLR dengan ukuran yang cukup besar. Ukuran ini juga yang menjadikan kamera ini jadi lebih mantap digenggam. Grip di sebelah kanan memastikan kamera tak gampang selip saat dioperasikan sementara thumb grip di belakangnya mendukung performa grip di bagian depan.

Bila diperhatikan lebih teliti, maka akan terlihat bahwa kamera ini bukanlah kamera DSLR. Tombol-tombol yang tersedia sangat sederhana dan tak membingungkan awam. Tampilan menu yang ada pun cukup sederhana dan tak membingungkan. Tak ada view finder pada kamera ini, jadi Anda harus puas dengan layar LCD berukuran 3 inci yang tampilannya cukup tajam meski agak sulit terbaca saat berada di bawah terik sinar matahari.

Nikon CoolPix L100

Nikon CoolPix L100 ini hanya menyediakan 14 buah scene mode, easy mode dan auto mode dan tak ada pengaturan manual sama sekali. Karena tak ada pengaturan aperture dan kecepatan bukaan rana maka Anda harus puas dengan pengaturan otomatis yang dilakukan oleh kamera ini. Sayangnya pengaturan otomatis ini tak selalu akurat. Namun untuk sekedar foto dokumentasi, kualitas yang diberikan sudah cukup memadai.

Kamera ini menggunakan sensor 10 megapixel dan lensa yang mampu melakukan optical zoom hingga 15x. Hasilnya, meski dilihat pada ukuran maksimal, gambar masih tetap terlihat detail nyaris tanpa noise. Warna pun dapat diterjemahkan dengan akurat oleh lensa dan sensor kamera ini. Namun kalau Anda benar-benar teliti, ada gejala chromatic aberration terutama saat foto dilihat dalam ukuran besar.

Nikon CoolPix L100

Dalam kondisi pencahayaan sangat terang, gambar sedikit terlihat over exposed sementara dalam posisi zoom maksimal gambar sedikit terlihat soft. Garis vertikal juga sedikit mengalami distorsi meski tak terlalu parah. Singkatnya, kamera yang dijual dengan harga US$390 atau sekitar Rp4 jutaan ini memang punya performa yang memuaskan, terutama dari kemampuannya melakukan optical zoom. Tak heran jika Good Gear Guide memberikan rekomendasi untuk kamera ini.
(ggg/roc)

(KapanLagi.com)

SPESIFIKASI:

Sensor : 1/2.33 in. CCD (10.7 megapixel)
Lensa : NIKKOR Glass Lens
Zoom : 15x optical, 4x digital
Viewfinder : N/A
LCD Monitor : 3.0 in. TFT-LCD
Maximum Aperture : f3.5 – f5.4
Shutter Speed : 1/4000 – 2sec
White Balance : Auto, Cloudy, Daylight, Flash, Fluorescent, Incandescent, Manual
Flash :
Shooting Modes : Portrait, Night Portrait, Sports, Landscape, Party, Beach/Snow, Sunset, Dusk/Dawn, Night Landscape, Museum, Fireworks Show, Close Up, Copy, Back Light, Panorama Assist, Food
Photo Effects :
Storage Media : 44MB + SD/ SDHC card
File Format : JPEG
Interfaces : USB
Dimensi : 72.2 x 109.7 x 78.1mm
Situs Resmi : www.nikonusa.com

Lihat Galeri Foto:

Nikon CoolPix L100 Nikon CoolPix L100