Tech tipsComputer Tricks

Flash eksternal merupakan aksesori yang sangat direkomendasikan sebagai pelengkap sistem kamera terutama kamera DSLR guna mendapat hasil foto dengan pencahayaan yang lebih baik. Kegunaan utamanya adalah sebagai sumber cahaya yang bisa dikendalikan, baik kekuatannya maupun arah datangnya sinar. Apalagi built-in flash pada kamera punya kekuatan terbatas dan arah sinarnya tidak bisa dibelokkan, membuatnya tidak fleksibel dalam berbagai kondisi pemotretan. Bagi anda pemilik kamera Canon, berikut pilihan flash eksternal yang bisa anda pertimbangkan.

Flash pemula : Speedlite 270EX II (GN 27)

canon-270ex-ii

Inilah flash eksternal mungil yang hanya ditenagai oleh dua baterai AA, dengan harga jual sekitar 1,5 juta. Canon 270EX II merupakan generasi kedua yang disempurnakan, dengan kemampuan sebagai slave flash dalam sistem wireless. Meski kecil namun 270EX II sudah dilengkapi AF assist beam dan punya jangkauan zoom head yang bisa diatur yaitu untuk lensa 28mm dan 50mm. Tidak ada layar LCD di bagian belakang karena semua pengaturan flash ini dilakukan dari bodi kamera. Flash ini hanya bisa diputar ke atas hingga 90 derajat, namun tidak bisa ke kiri atau ke kanan.

Flash untuk videografer : Speedlite 320EX (GN 32)

canon-320ex

Boleh dibilang inilah flash hybrid pertama yang bisa dipakai untuk sumber cahaya saat memotret dan merekam video, berkat adanya sebuah lampu LED yang bisa memberikan cahaya kontinu untuk membantu pencahayaan saat merekam video (dan bisa menjadi AF assist beam juga). Cahaya dari lampu LED ini bisa menerangi area yang dijangkau oleh lensa 50mm dan bisa terus menyala selama 3,5 jam. Flash seharga 2 juta ini juga sudah bisa menjadi slave flash meski bukan sebagai commander. Kemampuan zoom head juga bisa dipilih untuk lensa 24mm dan 50mm, dengan kebebasan diputar atas bawah maupun kiri kanan. Flash 320EX ini sudah memakai empat buah baterai AA.

Flash populer : Speedlite 430EX II (GN 43)

canon-430ex-ii

Di masa lalu Speedlite 430EX adalah flash paling populer karena kemampuan dan harganya yang berimbang. Kini penerusnya yang bernama 430EX II hadir dengan beberapa peningkatan seperti 20% lebih cepat dan recycle yang tanpa suara. Flash 430EX II seharga 2,5 juta ini sudah dilengkapi dengan layar LCD dan berbagai tombol untuk pengaturan mode dan zoom head dari 24-105mm. Sama seperti 320EX, 430EX II ini pun hanya bisa menjadi slave flash tapi bukan sebagai commander.

Flash mewah : Speedlite 580EX II (GN 58)

canon-580ex-ii

Inilah flagship dari flash eksternal Canon yang dijual di harga 4 juta rupiah. Bodinya yang besar, sudah weather sealed, menu yang lengkap dan daya besar menjadi daya tarik bagi para profesional. Flash 580EX II mampu menjadi commander yang bisa mentrigger flash lain sepertu 430EX II hingga 270EX II. Selain mengandalkan 4 baterai AA, flash ini bisa ditenagai dari sumber daya eksternal. Ada juga PC port untuk koneksi ke perangkat lain. Semua fasilitas ada di flash ini termasuk pengaturan manual dan FP mode .

 

(http://kamera-gue.web.id)